Satlantas Sukoharjo Perpanjang Dispensasi Perpanjangan SIM Sampai Akhir Juni

Senin, 08 Juni 2020
SUKOHARJO- Satlantas Polres Sukoharjo, beri dispensasi kepada pemegang Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk memperpanjang SIM sampai dengan tanggal 29 Juni 2020 memdatang. Hal tersebut dipicu imbas pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Dikutip dari situs resmi Polda Jateng, Baur SIM Satlantas Polres Sukoharjo, Aiptu Joko Priyanto sampaikan, Satlantas Polres Sukoharjo memberikan dispensasi kepada pemegang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya habis saat pandemi Covid-19.

“Untuk perpanjangan dispensasinya mulai  tanggal 24 Maret sampai tanggal 29 Mei 2020 bisa diperpanjang sampai batas 29 Juni,” jelas Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Marwanto, belum lama ini.

Dispensasi perpanjangan yang  diberikan kepada masyarakat  sebagai salah satu kebijakan dari Polri untuk menghindari penumpukan masyarakat yang hendak mengurus perpanjang SIM yang habis dalam  masa tersebut.

"Selama masa pandemi SIM yang mati  tidak akan ditilang. Pasalnya tidak ada penegakan hukum dan penilangan kepada masyarakat," jelasnya.

Dispensasi yang diberikan itu merupakan kebijakan dari Polri untuk menghindari penumpukan masyarakat yang hendak mengurus perpanjang SIM yang habis dalam kurun waktu tersebut.

“Sedangkan khusus untuk pemohon SIM yang statusnya terkonfirmasi positif Corona harus ada surat keterangan dari dinas kesehatan bahwa yang bersangkutan benar sedang sakit, dan ini tidak ada batas yang ditentukan,” lanjutnya.

Kendati demikian, meski diberikan dispensasi perpanjangan SIM, namun masyarakat tetap berbondong-bondong mendatangi Kantor Satlantas Polres Sukoharjo. Bahkan setelah pelayanan dibuka usai lebaran ini, terlihat antrean membludak.

Joko kembali menegaskan, pelayanan SIM tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, diantaranya sebelum masuk ke ruangan pemohon wajib untuk cek suhu tubuh dan memasuki bilik disinfektan.

"Selain itu aturan jaga jarak tetap diberlakukan dengan pengawasan petugas," pungkasnya. (her/Tyo)

Share this Article