Pendaftaran Kursi Masuk SMA dan SMK di Jateng Jumlah Pendaftar Masuk Sudah 80 Persen

Kamis, 18 Juni 2020
KARANGANYAR - Pendaftaran calon siswa SMA dan SMK se-Jawa Tengah pada hari kedua ini terpantau sekitara  150.388 orang pendaftar. Hampir 80 persen dari kuota  208. 215 orang. Padahal pendaftaran masih ada lima hari lagi. 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jateng Eris Yunianto mengatakan belajar dari PPDB sebelumnya, untuk PPDB tahun 2020-2021 ini kwalitasnya lebih baik dari segala aspek termasuk peningkatan band width akses online.

"Kami selaku bagian dari panitia PPDB bisa maklumi membludagnya peserta , sehingga nanti screening nya jelas ketat tegas" ujarnya.

Selain itu, lanjut Eris proses PPDB berlangsung terbuka online  sehingga seleksinya pun fair dan tidak ada celah untuk curang.

Kecurangan itu meliputi pemalsuan dokumen baik yang dipakai untuk jalur prestasi, jalur afirmasi, jalur zonasi dan jalur Perpindahan Orang Tua atau jalur PTO.

Sementara itu pantauan di Posko PPDB Wilayah VI Jateng diketahui jumlah keseluruhan pendaftar untuk SMA di Jateng melalui 4 jalur masih lebih kecil dibandingkan pendaftar untuk  SMK.

Data dari Posko PPDB hari kedua diketahui untuk siswa SMK sebanyak 97.006 orang, sedangkan pendaftar untuk SMA sebanyak 78.238 orang.

Eris sampaikan mengakui dinamika pengaksesan data PPDB Online yang terus alami lonjakan. Secara teknis itu sudah wewenang panitia di Provinsi Jateng, sedangkan pihaknya hanya koordinator wilayah yang bertugas mengendalikan memantau proses yang terjadi termasuk jika ada kendala di lapangan.

"Kami hanya berwenang memastikan proses PPDB Online Wilayah VI Jateng lancar karena peningkatanya peminat luar biasa" ucapnya. 

Menurut Eris sejak pendaftaran hari pertama dibuka semua berjalan lancar, meski traffic akses melonjak. Selain itu jumlah pendaftar terus bergerak menit per menit. Sedangkan waktu pendaftaran selama seminggu kedepan. 

"Ya tentu saja dinamika PPDB online ini sangat berbeda dari sebelumnya, karena jumlah kuota lebih kecil daripada jumlah pendaftar yang terus bertambah," tandasnya.(her/tyo)

Share this Article