Pemkab Cilacap Terapkan New Normal pada Objek Wisata

Sabtu, 13 Juni 2020
CILACAP – Penyesuaian dengan era kenormalan baru atau new normal saat pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Cilacap berencana membuka objek wisata dengan mekanisme satu pintu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olaharaga dan Pariwisata (Disporapar) Cilacap, Heru Harjanto, mengatakan Pemkab Cilacap selama ini sudah melakukan pemantauan perkembangan Covid-19.

"Mekanisme satu pintu dilakukan untuk membatasi jumlah pengunjung," jelasnya seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Jateng.

Hal ini dinilai sebagai langkah preventif guna mencegah terjadinya penumpukan pengunjung, dan menimbulkan kerumunan atau berdesakan. Selain itu standar protokol kesehatan juga akan diterapkan di setiap objek wisata.

Ditambahkan, ada empat aspek yang akan dijalankan. Antara lain, pengelola objek wisata harus dapat menjamin sterilisasi lokasi. Baik menyediakan alat cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, lalu penyemprotan disinfektan di lokasi. Mereka juga diminta melakukan pengecekan kesehatan terhadap pekerja sebelum mulai bekerja, menggunakan thermogun atau cek suhu tubuh.

“Kemudian dari segi pengunjung juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, seperti sosial distancing dan physical distancing,” kata Heru, Rabu (10/6/2020).

Sementara itu, perkembangan jumlah penderita Covid-19, dari Laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, secara garis besar mengalami penurunan.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamudji terus mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat, agar menekankan pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan.

“Hal ini penting untuk mencegah persebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas. Selalu kenakan masker ketika bekerja dan bepergian, serta rajin-rajin mencuci tangan pakai sabun,” kata Bupati. (Aan)
Share this Article