Kangen Naik Ke Puncak Gunung Lawu? Jalur Pendakian Ini yang Sudah Resmi Dibuka

Kamis, 25 Juni 2020
KARANGANYAR - kangen naik lagi ke puncak Gunung Lawu. Tak perlu khawatir lagi, pasalnya rasa kangenmu bisa naik ke puncak Gunung yang memisahkan dua provinsi, Jawa Tengah dan Jawa Timur ini sudah kembali dibuka.

Eeiitt tapi nanti dulu. Bagi anda yang ingin kembali naik, terutama dari Jawa Tengah, hanya ada satu jalur yang sudah resmi, yaitu jalur Cetho.

Ya, khusus untuk para pendaki yang ingin naik ke puncak Gunung Lawu, dari arah Jawa Tengah, hanya jalur Cetho yang bisa dilalui.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Titis Sri Jawoto mengatakan khusus untuk jalur Cemoro kandang masih belum bisa dipakai sebagai jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu.

Belum bisanya jalur Cemoro Kandang dilalui para pendaki, dikarenakan saat ini khusus jalur Cemoro Kandang masih dipakai untuk penyelidikan inseden penyerangan terhadap Wakapolres Karanganyar Kompol Busroni saat susur Gunung.

"Jalur Cemoro Kandang masih dipakai untuk penyelidikan pihak Kepolisian. Jadi untuk kelancaran penyisiran dilokasi tersebut, untuk sementara ditutup. Para pendaki bisa naik melalui jalur Cetho bila ingin ke puncak,"papar Titis saat ditemui beritajateng.id belum lama ini.

Menurut Titis, untuk jalur Cemoro Sewu, pihaknya belum tahu apakah sudah dibuka untuk umum atau belum. Sebab, untuk jalur Cemoro Sewu, kewenangannya berada di Jawa Timur.

"Saya tidak tahu apakah jalur Cemoro Sewu di tutup atau sudah dibuka. Karena untuk jalur Cemoro Sewu, kewenangannya ada di Jawa Timur,"terangnya.

Khusus untuk jalur Cetho, ungkap Titis, sebenarnya bukan jalur baru. Jalur ini sudah lama dipakai untuk pendakian. Namun, bagi para pendaki yang hendak naik ke puncak melalui jalur Cetho, kondisi fisik benar-benar harus diperhatikan.

Karena dijalur ini, medan yang dilalui jauh lebih berat dibandingkan jalur Cemoro Kandang atau Cemoro Sewu.

"Tapi keindahaay jalur ini luas biasa. Nanti para pendaki bisa berkemah di area Padang rumput. Indah banget naik ke puncak melalui jalur ini. Tapi yang harus diingat, kondisi fisik harus benar-benar prima,"pungkasnya. (Uky/Tyo)
Share this Article