Hore..Kerap Bikin Bising, 285 Knalpot Langsung Dimusnahkan Polres Karanganyar

Rabu, 10 Juni 2020
KARANGANYAR - Jajaran Satlantas Polres Karanganyar, Jawa Tengah tegas lakukan penindakan dan  mengamankan motor yang kedapatan menggunakan knalpot brong. Kebanyakan penindakan dilakukan di kawasan Tawangmangu.

Tercatat ada sekitar 285 motor berknalpot brong dari total  780 pelanggaran yang ditindak petugas Satlantas Polres Karanganyar. Polres Karanganyar selain rutin menggelar operasi pekat, juga melakukan operasi knalpot brong atau knalpot wor.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi sebut, kegiatan pemusnahan (knalpot wor) ini merupakan lanjutan laporan masyarakat terkait suara bising knalpot yang menganggu lingkungan dan pengguna jalan di wilayah Kabupaten  Karanganyar.

"Terpusat paling banyak kemarin ditemukan di wilyah tawangmangu. ada sekitar 285 motor bernalpot brong dari total 780 pelanggaran," papar Kapolres, Rabu (10/6/2020).

Kapolres menuturkan, ada persyaratan khusus  yang harus dipenuhi para pemilik kendaraan apabila ingin mengambil motornya. Bagi mereka yang terkena razia dikenakan tindakan tilang. Usai menjalani sidang, pemilik harus mengambil kendaraan roda dua dengan membawa knalpot sesuai dengan standart.

"Kemudian pemilik kendaraan harus mengganti dengan knalpot standar lagi. Itu wajib, agar tidak menganggu yang lainnya," tandas Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, operasi penertiban akan terus dilakukan. Karena para pengendara sepeda motor dengan knalpot brong ini, sangat meresahkan masyarakat.

Kapolres Leganek juga menyebut banyak pengguna kendaraan yang masih dibawah umur yang terjaring razia. Bagi orang tua Kapolres berpesan agar melarang anaknya yang belum cukup umur untuk membawa kendaraan bermotor.

"Kepada orang tua saya minta agar tidak mengijinkan putra putrinya mengendarai kendaraan jika  belum memiliki kompetensi mengemudi," pesannya. (Her/Tyo)

Share this Article