Hasil Test Tiga Orang Covid-19 Pasar Karangayu Langsung Ditutup

Senin, 08 Juni 2020
SEMARANG – Tiga orang di pasar Karangayu diketahui positif Covid-19, untuk sementara waktu terpaksa harus ditutup.

Penutupan dilakukan oleh Pemkot Kota Semarang setelah dilakukan tes PCR massal di Pasar Karangayu ini, diketahui ada yang positif.

Menindaklanjuti hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo gelar sidak di Pasar Karangayu Kota Semarang, Senin (8/6/2020). Untuk memastikan pwnanganan pasar usai ditutup karena ditemukannya tiga orang positif Covid-19 di pasar itu.

"Saya sangat apresiasi pak Wali Kota Semarang yang tegas untuk menutup pasar ini selama tiga hari. Dan saya minta ke pengelola pasar untuk melakukan penataan,” ucap Ganjar kepada pengelola pasar Karangayu seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng.

Kepada pengelola pasar, Ganjar meminta agar di masing-masing lapak diatur jaraknya agar tidak saling berhimpitan dengan memberikan pembatas. Tujuanya agar tidak ada penumpukan pembeli.

"Kondisinya juga harus bersih. Atur jarak antar pedagang.  penataan harus dilakukan dalam rangka menyiapkan normal baru," lanjutnya.

Bukan hanya soal jarak antar pedagang saja yang jadi sorotan. Demikian juga dengan pembeli yang ada di dalam pasar dan jam operasionalnya juga dibatasi.

"Pengunjung pasar dan waktu operasional pasar jugadibatasi. Setelah proses pasar selesai, maka semua tutup dan melakukan pembersihan. Masyarakat harus diedukasi terus agar bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, pengelola pasar Karangayu, Fajar Joko Purwanto membenarkan, pasar tersebut ditutup selama tiga hari. Hal itu dikarenakan adanya temuan tiga orang positif covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan.

Setelah buka kembali,  semua pedagang di pasar itu akan diatur jaraknya minimal satu meter. Jika ada yang tidak kebagian tempat akan disediakan lokasi dengan  memaksimalkan halaman pasar untuk menampung pedagang.

“Kami lihat dulu setelah dilakukan penataan, bisa saja semua pedagang di dalam kompleks pasar, kendaraan nantinya akan kami taruh di luar pasar,” tutupnya.  (Aan)
Share this Article