Hadapi Kemarau, Damkar Sukoharjo Tingkatkan Ketrampilan

Selasa, 30 Juni 2020
SUKOHARJO  – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Sukoharjo menyiagakan seluruh personilnya untuk mengantisipasi kebakaran akibat cuaca panas ekstrim yang kemungkinan bakal terjadi dalam beberapa pekan kedepan. Sebab cuaca panas ekstrim berpotensi kebakaran.

Dalam kegiatan ini, sedikitnya 60 personil Damkar dari Satpol PP Sukoharjo dikerahkan untuk melakukan cek perlengkapan dan latihan bersama di Alun-Alun Satya Negara, Sukoharjo Selasa (30/6/2020).

“Untuk periode Januari-Juni 2020 ini kasus kebakaran di Sukoharjo memang turun karena hanya ada 24 kejadian saja. Nah, menghadapi musim kemarau kami siapkan perlengkapan dan juga personil,” ujar.

Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo.
Meski ada penurunan kasus kebakaran, Damkar Satpol PP dikatakan Heru tidak mau  terlena. Memasuki periode Juli-Desember 2020 mendatang, tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan kasus kebakaran secara signifikan karena sudah masuk musim kemarau.

"Makanya, kami melakukan pengecekan perlengkapan dan pelatian personil. Semua dilibatkan dan dibekali kemampuan mengenai penguasaan penggunaan alat dan pemadaman api. Setiap personil harus tahu tugasnya apa. Jadi, ketika ada kejadian kebakaran sudah siap memadamkan api,” terang Heru.

Sementara, Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono menambahkan, latihan untuk personil perlu dilakukan mengingat ada potensi peningkatan kasus kebakaran, baik kebakaran di wilayah permukiman, lahan kosong, hingga lahan hutan.

"Penguasaan medan saat memadamkan api di lahan kosong perlu dilakukan, seperti darimana sumber airnya, arah angin, teknis penyemprotan air, dan yang lainnya," pungkasnya. (Rif/Aan)

Share this Article