Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Pantura

Kamis, 04 Juni 2020
BREBES - Sejumlah daerah di Pantai Utara (Pantura) mulai dari Brebes, Tegal, Pekalongan hingga Demak, terendam banjir rob.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta semua bupati/wali kota yang terdampak untuk segera bertindak. Penyelamatan jiwa manusia dan melakukan tindakan darurat menjadi fokus utama.

“Kita butuh kerjasama untuk menyelamatkan orangnya, sambil melakukan tindakan-tindakan darurat," papar kata Ganjar Pranowo, Kamis (4/6/2020).

Ganjar mengatakan, rob melanda beberapa daerah di Pantura Jateng dikarenakan cuaca yang buruk. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, bahwa saat ini masuk musim pancaroba sehingga gelombang laut cukup tinggi.

"Gelombangnya sekarang tinggi, sehingga air laut masuk ke darat. Ini karena masuk musim pancaroba," terangnya.

Dia melanjutkan, tindakan darurat terus disebut saat ini. Masyarakat yang terdampak harus segera diselamatkan dan diamankan. Sejumlah masyarakat juga telah mengungsi ke tempat yang dianggap lebih aman.

"Kami sudah kirim bantuan, bahkan bupati/wali kota sudah mengusulkan untuk mengeluarkan stok bantuan yang ada dan saya izinkan," tegasnya.

"Saya juga meminta agar penerapan protokol kesehatan melekat dalam penanganan para pengungsi. Semua yang mengungsi harus diatur, saya sudah sampaikan khususnya pada Kepala BPBD wilayah-wilayah itu," tutupnya. (Aan/Tyo)
Share this Article