Walikota Solo : Yang Ditutup Karantina Mudik, Karantina ODP Masih Berjalan

Minggu, 31 Mei 2020
SOLO - Pemerintah kota Solo menutup lokasi  karantina untuk pemudik yang masuk di kota Solo. Karantina bagi pemudik yang ditempatkan di Graha Wisata Niaga resmi ditutup Jumat (29/5) kemarin.

"Yang ditutup adalah karantina mudik (bagi pemudik) namun karantina orang dalam pantauan (ODP) masih berjalan. Ini salah satu kewaspadaan bagi masyarakat yang harus lebih ditingkatkan," papar Walikota Solo, Minggu (31/5). 

Penutupan lokasi karantina di Graha Wisata yang digunakan untuk pemudik asal kota Solo yang datang dari zona merah pandemi Covid-19 dinilai  terlalu besar. Gedung tersebut bisa menampung lebih dari 200 orang. 

Sedangkan masyarakat yang dikarantina sebagian besar sudah dipulangkan hanya tersisa sekitar 49 orang. Nantinya mereka maka akan dipindahkan dan disatukan di Ndalem Joyokusuman. 

"Di Graha Wisata terlalu besar, sebagian juga sudah dipulangkan. Hanya tersisa sekitar 49, maka akan dipindahkan dan disatukan di ndalem Njoyosuman. Sisanya kondisinya lebih nyaman," papar Rudi, panggilan akrab Walikota Solo. 

Meski karantina bagi pemudik yang disiapkan Pemkot Solo selama ini sudah ditutup, namun jika ada laporan dari masyarakat Solo ada pemudik  yang datang dari zona merah atau dari wilayah manapun akan tetap di karantina.

"Seperti kejadian di wilayah Jagalan, harus karantina mandiri di rumah tapi masih keluyuran diluar, akhirnya dibawa ke lokasi karantina yang disediakan oleh Pemkot Solo," pungkasnya.  (Her/Tyo)
Share this Article