Sukoharjo Siapkan Rumah Sehat Untuk Karantina Pasien Covid-19

Senin, 11 Mei 2020
SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo melalui Gugus Tugas Covid-19, siapkan barak Dalmas Polres Sukoharjo untuk dijadikan Rumah Sehat tempat karantina masyarakat yang terpapar virus korona (Covid-19). 

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya usai peresmian sebut barak Dalmas Polres Sukoharjo yang berada di Kelurahan Mandan, Kecamatan / Kabupaten Sukoharjo untuk menampung Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sudah hasil tesnya adalah positif Covid-19 namun dalam kondisi sehat. 

"Mereka tidak melakukan isolasi mandiri di rumah. Selama 14 hari mereka yang positif Covid-19 akan menjalani isolasi di Rumah Sehat," jelas Wardoyo, Senin (11/5/2020). 

Ditambahkan Wardoyo, ada lima OTG positif Covid-19 yang akan dijemput dari rumah masing - masing untuk dibawa ke Rumah Sehat guna menjalani karantina selama 14 hari. 

Mereka lanjut Wardoyo, penjemputan dilakukan bertahap. Untuk hari ini ada lima orang dari Kartasura dan Grogol. Mereka berasal dari tiga wilayah di Kecamatan Kartasura dan dua dari Kecamatan Grogol. Penjemputan dilakukan menggunakan mobil ambulance dengan pengawalan TNI-Polri.

"Penjemputan paksa dilakukan jika warga terkonfirmasi positif namun tetap melakukan aktivitas diluar rumah. Kalau ada yang ngeyel (menolak-Red) tidak mau, akan dijemput paksa,” tegas Bupati.

Dandim 0726 / Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa yang juga hadir menambahkan, evakuasi atau penjemputan OTG positif  Covid-19 melibatkan semua unsur dalam Gugus Tugas Covid-19. 

“Dengan karantina di Rumah Sehat maka memutus potensi penularan pada warga lainnya, tidak ada maksud lain. Juga sebagai antisipasi keresahan dan perasaan was-was masyarakat sekitar,” pungkasnya
Share this Article