Sekabel Bantu Penangulangan Covid-19 Dan Donasi Untuk TSTJ

Selasa, 19 Mei 2020
SOLO - Gabungan pengusaha mebel dan kayu yang tergabung dalam Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Indonesia menyalurkan bantuan untuk Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo Zoo, Selasa (19/5). 

Bantuan senilai Rp 50 juta digunakan untuk alokasi pakan dan obat hewan koleksi TSTJ yang selama pandemi Covid-19 ditutup dan praktis tidak ada pemasukan. Karena operasional TSTJ tergantung dari tiket masuk dan even yang di gelar di TSTJ. 

"Kita tahunya masyarakat saja yang terdampak. Namun ternyata satwa di Solo Zoo juga ikut terdampak. Padahal di sana banyak sekali satwa langka yang harus kita jaga bersama,” ucap Ketua Umum Sekabel Indonesia, Setyo Wisnu Broto.

Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai yang diserahkan kepada Manajemen TSTJ melalui Pemkot Solo. Sekabel menyerahkan sepenuhnya pemanfaatan dana tersebut kepada manajemen Solo Zoo.

“Terserah mau dipakai untuk apa. Karena kemarin kami dapat informasi bahwa kebanyakan pegawai Solo Zoo tidak berstatus PNS. Artinya, mereka digaji dari penjualan tiket. Kalau kebun binatangnya tutup, manajemen tentu membutuhkan dana dari sumber lain,” katanya.

Sekabel  menyalurkan  bantuan hingga Rp 200 Juta. Selain bantuan untuk TSTJ, Sekabel juga menyalurkan bantuan berupa alat pengaman diri (APD) untuk tenaga medis dan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat yang membutuhkan. 

Terpisah, Achmad Purnomo mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan dari Sekabel untuk TSTJ. Pasalnya, kondisi TSTJ yang tidak beroperasi sejak pertengahan Maret lalu cukup memberatkan manajemen untuk pemeliharaan satwa.

“Karena yang terdampak bukan hanya manusia tapi juga satwa. Karena itu bantuan ini sangat berarti bagi kelangsungan satwa di TSTJ. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. 
Share this Article