Penerima Bantuan Jangan Tumpang Tindih

Rabu, 13 Mei 2020
KLATEN- Bupati Klaten Sri Mulyani tegaskan bantuan khusus bagi warga yang terdampak Covid-19 dengan kriteria tidak mampu dan belum mendapat bantuan dari pihak manapun. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih penerimaan bantuan.

Seperti dikutip dari situs resmi Pemkab Klaten, Bupati memberikan kesempatan bagi kepala desa untuk mengusulkan warganya, agar memperoleh bantuan dari Pemerintah Kabupaten Klaten. 

Jika ada masyarakat yang terdampak Covid 19 dan kategori tidak mampu, dan belum  mendapat program bantuan, seperti BST, BLT, BPNT, PKH atau bantuan dari pemerintah lainya, kepala desa segera mengusulkan. 

"Tetapi dengan catatan data tidak boleh ada KK bantuan yang tumpang tindih,” ujar Sri Mulyani di hadapan perwakilan kepala desa saat mendistribusikan bantuan sosial dari Pemkab Klaten, di Aula Balai Desa Tegalyoso, Rabu (13/5/2020).

Penerima bantuan sosial bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Klaten akan dibedakan dengan penerima bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, dan dana desa.

Pemkab Klaten akan melakukan pengecekan data dan berkoordinasi dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Dinas Sosial, camat, dan kepala desa, untuk memastikan tak ada penerima bantuan ganda.

Menurutnya, Pemkan Klaten telah menganggarkan bantuan sosial setidaknya bagi 33.669 Kepala Keluarga tidak mampu yang ada di Kabupaten Klaten. Pada Jumat (8/5/2020) beberapa Kecamatan seperti Tulung, Klaten Utara, dan Prambanan sudah mulai mendistribusikan bantuan tersebut. Pada Rabu (13/5/2020) ini bantuan didistribusikan ke Kecamatan Klaten Selatan, Kebonarum, dan Kalikotes.

Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan mengungkapkan, distribusi bantuan dari Kementrian Sosial di daerahnya pun sudah mulai dilakukan. Untuk Desa Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan, bantuan sosial disalurkan pada 328 kepala keluarga yang memenuhi kriteria. 

Bantuan tersebut berisi kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, telur, gandum, minyak goreng dan ada juga mi instan.

“Hari ini bantuan yang diberikan bagi masyarakat Desa Tegalyoso. Nantinya untuk desa lainnya yang ada di Kecamatan Klaten selatan juga mengikuti segera tersalurkan,” pungkasnya. (Aan)

Share this Article