Menhub Ijinkan Transportasi Kembali Beroperasi, Anggota DPR RI : Protap Covid Harus Diperhatikan

Senin, 11 Mei 2020
SOLO- Kementrian Perhuhungan mengizinkan semua moda transportasi darat, laut, dan udara yang mengangkut penumpang untuk beroperasi, dengan syarat-syarat tertentu dan kriteria khusus. Salah satunya dengan menunjukkan hasil tes negatif Covid-19.

Menanggapi kebijakan tersebut anggota DPR RI Eva Yuliana menyebut kebijakan dari  Kementrian Perhubungan yang memperbolehkan angkutan umum beroperasi kembali, sebagai salah satu alternatif yang diberikan pemerintah.

Namun pihaknya menggaris bawahi  pesawat, bus, kereta api yang kembali  beroperasi harus menaati protokol kesehatan. Dan tidak sembarang orang boleh memakai transportasi umum karena larangan mudik tetap berlaku.

"Yang perlu digarisbawahi dari saya pribadi ketika itu dibuka (transportasi) maka protap atau SOP pandemi Covid-19 harus semakin diperketat," jelasnya di Balaikota Solo, Senin (11/5). 

Selain itu, lanjut Eva hal yang terpenting bagi mereka yang melakukan perjalanan dipastikan adalah mereka yang dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19.

"Selain itu tidak juga untuk keperluan mudik lebaran dan sebagainya sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Eva juga memberikan bantuan APD sebanyak 125 buah, masker dan beberapa pendukung lain untuk dibagikan pada tim medis yang ada di garda terdepan penanganan Covid-19 di kota Solo. 

"Bantuan ini pribadi saya dan tidak menggunakan anggaran dari negara. Ini bantuan yang pertama dan Insya Allah akan ada bantuan lagi untuk kedepannya," imbuh Eva.

Selain itu Eva Juliana juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah kota Solo yang telah melakukan hal yang luar biasa terkait penanganan Covid-19. 

Dirinya menyebut sebelumnya kota Solo ini yang memiliki budaya ngumpul, intinya warga Solo sangat  senang melakukan silaturahmi. Namun dalam hal ini Pemkot Solo bersama TNI/Polri memberikan pemahaman untuk mau mengurangi aktifitas diluar rumah. 

"Itu bukan hal gampang, karena itu sudah budaya dan bisa tersampaikan dan diamini oleh masyarakt kota Solo. Sehingga keamanan dan kenyamanan kota Solo bisa dirasakan bersama," pungkasnya. (Her/Tyo)
Share this Article