Lembaga Dewan Adat, Bagikan Zakat dan Bingkisan Bagi Ratusan Abdi Dalem Keraton Solo

Senin, 18 Mei 2020
SOLO -  Kewajiban Kraton Solo melalui Lembaga Dewan Adat (LDA) untuk berbagi khususnya  kepada para abdi dalem Kraton Kasunanan Surakarta di tengah pandemi Covid-19 tetap berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Tradisi ini (pembagian zakat fitrah kepada abdi dalem merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak raja raja terdahulu," jelas ketua LDA Kraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah, Senin (18/5/2020). 

Selain tradisi hal tersebut juga menjadi  sebuah kewajiban kerabat keraton untuk memberikan zakatnya kepada abdi dan Sentono dalem yang dianggap lebih membutuhkan. Tahun ini LDA membagikan zakat dan bingkisan pada 480 orang abdi dalem. 

Namun, kondisi saat ini dimana kota Solo berstatus kejadian luar biasa (KLB) Covid-19 maka semua kegiatan yang melibatkan banyak orang tidak diperbolehkan. Untuk menyikapi agar tidak  terjadi kerumunan abdi dalem dalam waktu yang bersamaan kami juga mengatur jadwal hari maupun jamnya.

"Jadi rangkaian acara pembagian dijadwalkan  berlangsung selama 3 hari (Senin-Rabu) dan setiap harinya akan dibagikan pada 125 abdi dalem secara bergantian," jelas Gusti Wandansari. 

Disamping itu, pihak Keraton juga menerapkan aturan sebelum masuk ke kantor mereka harus mencuci tangan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak satu dan lainnya.

Putri PB XII, ini juga berpesan kepada para abdi dalem agar  selama pandemi covid-19 tetap selalu menjaga kesehatan dan sebisa mungkin bekerja dari rumah dan apabila mendesak harus keluar rumah.

"Selalu menggunakan masker dengan rajin cuci tangan dengan sabun untuk menjaga kesehatan dan mengurangi penyebaran covid-19," pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, para abdi sekaligus mengisi absensi untuk bisa menerima gaji bulan ini yang rencananya akan cair hari Rabu (20/5) mendatang dan langsung masuk ke rekening masing-masing abdi dalem dan para sentono dalem.

Seperti diketahui, Lembaga Dewan Adat yang didukung para Kerabat Mataram, pihak sampai sekarang juga terus memberi gaji kepada para sentono dan abdi dalem setiap bulannya, bahkan sejak bulan Februari 2019 lalu  penerimaan gaji tersebut langsung ditransver melalui rekening dari abdi dalem. 

Sementara itu, salah satu abdi dalem prajurit KRT Alex Pradnjono Rekso Yudo (58) warga Joyontakan Surakarta merasa bersyukur sekali atas pembagian sembako  zakat fitrah kali ini. 

Menurut pria yang kesehariannya berjualan wedangan ini menyebut sejak adanya penyebaran virus Corona, dirinya merasa kesulitan dalam mencari nafkah. Pendapatan sebagai penjual wedangan tidak bisa diharapkan. Karena kondisinya sepi dari pengunjung.

"Jadi zakat fitrah dari LDA Kraton D ini  membantu sekali keberlangsungan hidup khususnya para abdi dalem seperti kami ini," pungkasnya . (Her/Tyo)

Share this Article