Lakukan Rapid Test Pada 90 Pedagang Pasar Gondang, Hasilnya Non Reaktif

Selasa, 12 Mei 2020
SRAGEN - Hasil dari rapid test kepada 90 pedagang dan kuli panggul di dua pasar yakni, Pasar Bunder Sragen dan Pasar Gondang, dinyatakan non reaktif atau negatif, Selasa (12/5).

Pagi tadi, Pemerintah Kabupaten Sragen melaui Dinas Kesehatan Sragen telah melaksanakan rapid test terhadap 44 orang Pasar Bunder Sragen, dan 46 orang di Pasar Gondang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, dr. Hargiyanto mengatakan rapid test tersebut dilakukan secara acak dan bersifat sukarela bagi seluruh warga pasar.

"Hari ini sudah dilakukan (rapid test). Alhamdulilah semuanya non reaktif, Namun kita minta para pedagang ataupun warga pasar tetap menerapkan physical distancing, wajib mengenakan masker dan sering-sering mencuci tangan," terang dr. Hargiyanto dikutip dari situs resmi Pemkab Sragen. 

Pihaknya menambahkan tes cepat pedagang itu dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya transmisi lokal di dua pasar tersebut, berdasarkan pendataan tracing dan tracking yang telah dilakukan tim dari Dinas Kesehatan Sragen.

Menurutnya pasar sangat rawan akan penyebaran penularan covid-19 karena sering dipadati masyarakat.

"Karena semakin banyaknya Orang Tanpa Gejala (OTG) dan pasien positif Covid-19 di Sragen ditakutkan mereka yang positif melakukan transmisi lokal di mana pasar sebagai salah satu indikasi penyebaran," ujarnya.

Pemeriksaan dilakukan oleh tim dari Dinkes sebanyak lima orang dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap di pos kesehatan Pasar Bunder dan Pasar Gondang.

"Kita disini hanya ambil sampel darah saja, untuk uji laboratorium akan kami lakukan di laboratorium kesehatan daerah (labkesda) Dinkes Sragen. Selanjutnya sampel darah, diuji cepat atau rapid test dengan menggunakan cairan laboratorium reagent," pungkasnya.

Sementara jika hasil rapid test ada yang reaktif, dr. Hargiyanto menyampaikan akan dilakukan swab test.

Tidak hanya itu, besok Rabu (13/5) dini hari akan kembali dilakukan rapid test kepada pedagang sayur keliling kepada kurang lebih 25 pedagang. (Tyo) 

Share this Article