Donasi Pakan Satwa TSTJ Terus Mengalir Di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 26 Mei 2020
SOLO - Bantuan untuk pakan satwa  yang ada di Taman Satwa Taru Jurug ( TSTJ) Solo masih terus berdatangan di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya bukan hanya masyarakat saja yang merasakan dampaknya, namun juga hewan yang ada di TSTJ Solo.

Kondisi kota Solo yang berstatus kejadian luar biasa (KLB) Covid-19 membuat tempat wisata yang ada di Solo terpaksa harus ditutup. Imbasnya TSTJ yang mengandalkan operasional dari tiket masuk dan event otomatis tidak ada pemasukan. Sehingga satwa yang ada di TSTJ stok pakannya menjadi terganggu.

Salah satunya warga Solo, Kusumo Putro sekaligus ketua Yayasan Forum Budaya Mataram mengajak seluruh masyarakat Solo khususnya  bersama-sama peduli terhadap satwa langka di TSTJ.

"Kita harus ikut menjaganya, karena itu menjadi salah satu warisan untuk anak cucu generasi mendatang," jelasnya, Selasa  (26/5/2020)

Menurut Kusumo, TSTJ ini merupakan salah satu kebun binatang yang sudah lama ada dan memiliki nilai historis tinggi. Lokasi awalnya  ada di kawasan Sriwedari Solo yang disebut Bon Rojo (taman raja) di era PB X yang digunakan sebagai tempat istirahat. Seiring perkembangan jaman kemudian dipindahkan di kawasan Jurug.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyerahkan bantuan pakan diantaranya bekatul sebanyak 1,5 kwintal, rumput kalandana dan uang tunai. Bantuan yang tidak seberapa itu, ucap Kusumo bisa bermanfaat untuk kelangsungan pakan bagi hewan yang ada di TSTJ.

"Kita juga berpartisipasi memberikan donasi untuk pakan satwa yang ada di TSTJ yang juga terdampak Covid-19," paparnya.

Dirinya berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi satwa koleksi TSTJ, untuk memenuhi kebutuhan pakan satwa. Agar tetap terpenuhi selama wabah Covid-19 ini. Dirinya juga mengapresiasi kegiatan donasi bagi satwa TSTJ.

"Jangan sampai kebun binatang yang memiliki sejarah dan menjadi salah satu ikon kota Solo itu terkena imbas pandemi Covid-19," pungkasnya. (Her/Tyo)


Share this Article