BST Karanganyar Cair

Sabtu, 16 Mei 2020
KARANGANYAR  - Pemerintah Kabupaten Karanganyar sudah mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) secara cash and carry maupun melalui  transfer rekening. Penyalurannya  kantor pos juga ke Bank BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN.

Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diusulkan ke perintah pusat sebanyak  ke 25.863, namun setelah melewati seleksi dari  pusdat data informasi (Pusdatin) Kemensos hanya  17.711 keluarga yang berhak mendapatkan BST . 

Bagi masyarakat yang merasa mampu, dapat mengembalikan dana sesuai aturan berlaku. Pengembalian BST dilayani di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar selama jam kerja.

Penyaluran perdana BST Kemensos via kantor pos sebanyak 14.721, warga mengambilnya secara (cash and carry). Di Balai Desa Ngijo, Tasikmadu pada Selasa (12/05/20) lalu. 

Kepala Kantor Pos Karanganyar, Sigit Sutendi mengatakan pihaknya melayani pengambilan uang 10.646 penerima BST selama 3 bulan mulai April. Tiap pencairan Rp 600.000 per penerima.

“Total penerima BST di Karanganyar 14.721. Namun yang kita layani 10.646. Sedangkan 4.075 penerima asal Colomadu, Gondangrejo dan Jaten dilayani kantor pos Solo,” katanya.

Pada pencairan perdana, ia mengundang para penerimanya di kantor desa. Selanjutnya, mereka diminta mengambil uang itu di kantor pos cabang. Jika berhalangan mengambil, anggota keluarga inti di KK dapat mewakili.

BST diusulkan ke 25.863 warga Karanganyar. Namun jumlah lolos di pusdat data informasi (Pusdatin) Kemensos 17.711 keluarga. Penyalurannya selain via kantor pos juga ke Bank BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN.

Bupati Karanganyar Juliyatmono berharap penggunaan bantuan keuangan bagi warga terdampak covid-19 ini dapat mendorong ekonomi jadi lebih baik.
Share this Article