Stok Darah Di PMI Menipis, Anggota Kodim 0726 Sukoharjo Ikut Donor Darah

Senin, 06 April 2020
SUKOHARJO - Stok darah di PMI Sukoharjo mulai menipis pasca  pandemi virus korona (Covid-19) merebak, maka
Kodim 0726/Sukoharjo untuk mengerahkan anggotanya agar melakukan donor darah sukarela dengan mendatangi kantor PMI Sukoharjo, Senin (6/4/2020).

"Ini sesuai amanat UU Kesehatan No. 36 tahun 2009 dan PP No 7 tahun 2011 tentang Pelayanan Darah, serta rekomendasi WHO bahwa darah transfusi yang aman dan berkualitas berasal dari donor sukarela," kata Perwira Seksi Terirorial (Pasiter) Kodim 0726 Sukoharjo, Kapten Inf Gasar.

Perwira mengatakan, kebutuhan darah merupakan hal yang sangat penting berkaitan dengan jiwa seseorang di rumah sakit. Dalam hal ini masyarakat mempunyai peran penting dalam menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup.

"Kami berharap dengan kegiatan donor darah ini dapat membantu mengisi stok darah di PMI Sukoharjo yang sudah menipis karena imbas pandemi korona," imbuhnya.

Kasi Pelayanan Masyarakat UDD PMI Sukoharjo, Musrifah mengungkapkan, penggadaan stok darah sedikit terganggu lantaran banyak pembatalan penjadwalan donor darah oleh para pemohon maupun penyelenggara kegiatan donor darah.

"Namun mengingat kebutuhan darah merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus terpenuhi, maka kami tetap membuka layanan donor darah secara sukarela di kantor PMI Sukoharjo," pungkasnya. (Her/Tyo)
Share this Article