Empat Pasien Positif Covid-19 Kondisinya Stabil

Minggu, 26 April 2020
KLATEN – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo menyampaikan penambahan empat orang pasien terkonfirmasi positif Covid 19, Minggu (24/4/2020). Saat ini mereka dirawat di RSD Bagas Waras, dan RSST Soeradji Tirtonegoro dalam kondisi baik dan stabil.

“Hari Minggu ini (26/04/20) ada 4 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten. Masing-masing berasal dari Kecamatan Kalikotes, Ngawen, Jogonalan dan Wonosari,” kata Cahyono seperti dikutip dari situs resmi pemkab Klaten 

Ia menambahkan, keempat orang tersebut adalah seorang pasien anak berusia 10 tahun, warga Kecamatan Kalikotes. Ia menjalani perawatan di RSD Bagas Waras. Pada kasus ini dimungkinkan pasien terpapar dari orang terdekat yang mempunyai mobilitas tinggi dalam pekerjaannya.

Selanjutnya, satu orang yang lain terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang laki-laki berusia 47 tahun yang berasal dari Kecamatan Ngawen. Saat ini pasien menjalani perawatan di RSST Soeradji Tirtonegoro dalam kondisi yang stabil dan baik. Pada kasus ini pasien mempunyai riwayat penyakit chomorbid alias bawaan yakni Bronchitis dan Diabetes Melitus. Kemungkinannya, pasien terpapar ketika melakukan perjalanan ke luar kota.

Dari Kecamatan Jogonalan, kata Cahyono, ada pasien laki-laki yang berusia 36 tahun. Ia juga dirawat di RSST Soeradji Tirtonegoro dengan kondisi yang baik dan stabil. Pada kasus ini dimungkinkan pasien terpapar ketika bekerja di Solo, dan melakukan kontak dengan orang yang positif Covid-19.

Pasien terakhir adalah seorang wanita berinisial yang berusia 51 tahun, warga Kecamatan Wonosari. Ia menjalani perawatan di RSD Bagas Waras dengan kondisi yang stabil dan baik. Pada kasus ini dimungkinkan pasien terpapar suaminya yang terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19 dalam klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

“Saat ini, petugas telah melakukan tracing atau pelacakan lebih dalam dan segera melakukan rapid test kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien, baik itu keluarga, kerabat maupun tim medis yang menangani sebelumnya.” tambah Cahyono yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten.

Dengan adanya penambahan empat orang tersebut, berarti saat ini ada 13 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Klaten. Lebih lanjut, Cahyono selaku Tim Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten mengimbau kepada Gugus Tugas RT/RW agar lebih memperketat pemantauan terhadap warganya yang baru pulang dari luar wilayah Klaten.

“Bagi warga yang baru saja pulang dari luar wilayah, segera untuk melaporkan kepada Gugus Tugas RT/RW, dan mengisolasi dirinya selama 14 hari di rumah masing-masing. Apabila mengalami gejala-gejala atau sakit segera periksa di Puskesmas terdekat,” ujar Cahyono. (Aan)

Share this Article