Bantu Stok Darah PMI di Tengah Wabah Covid-19, Lanud Adi Soemarmo Solo Gelar Aksi Donor Darah

Kamis, 16 April 2020
KARANGANYAR - Kondisi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan stok darah di PMI kota Solo mulai menipis. Terlebih lagi jelang Ramadhan kebutuhan dan stok darah harus dipersiapkan mulai dari sekarang. 

Untuk membantu memenuhi stok darah di PMI Solo, Lanud Adi Soemarmo gelar donor darah. Aksi sosial ini dilakukan usai upacara penutupan Pendidikan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Siswa Semata PK TNI AU A-78.

Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P. Damanik, bersama  dan mantan siswa Semata PK TNI AU A-78,  PIA Ardhya Garini Cabang 3/Gabungan II Lanud Adi Soemarmo, melaksanakan donor darah, bertempat di Gedung Grha Dirgantara.

"Kegiatan donor darah ini sebagai wujud rasa kemanusiaan dan kepedulian Lanud Adi Soemarmo serta untuk memenuhi stok ketersediaan PMI Cabang Surakarta di tengah pandemi Covid-19," jelas Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian P. Damanik, Kamis (16/4). 

Danlanud juga menyampaikan bahwa ditengah wabah penyebaran virus Corona COVID-19 dan kebijakan social distancing serta physical distancing sudah barang tentu akan mengurangi partisipasi masyarakat melakukan donor darah. 

“Oleh karena itu, upaya Lanud Adi Soemarmo membantu PMI untuk menyediakan stok darah menjadi sangat penting, sehingga darah yang dapat dikumpulkan dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya. 

Ditambahkan Danlanud Adi Soemarmo kegiatan donor darah ini akan berlangsung selama dua hari, untuk hari pertama di targetkan 150 kantong darah dan untuk hari kedua diharapkan dapat terkumpul 200 kantong darah.

"Diharapkan donor darah yang 
sehingga dapat digunakan pasien-pasien di rumah sakit termasuk pasien covid-19 serta untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di situasi sulit seperti saat ini," lanjutnya.

Ditegaskan juga dalam pelaksanaan donor darah ini, dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah pandemi Corona COVID-19.  

"Seperti pengecekan suhu, menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya dan mengatur waktu kedatangan anggota secara bergantian," pungkasnya.
Share this Article