Pencairan Dana Pilwalkot Solo Usai NPHD

Rabu, 11 September 2019
SOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta, pengajuan anggaran dana Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota Surakarta 2020 senilai Rp17,8 miliar.

Dan dana tersebut dapat dicairkan tahap pertama setelah penandatangan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) paling lambat awal Oktober mendatang.

"Tahap pertama baru dapat dicairkan setelah NPHD ditandatagani antara KPU dan Pemkot Surakarta pada tanggal 1 Oktober 2019,” jelas Kajad Pamuji Joko Waskito,VDivisi Bidang Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Surakarta.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15/2019, pencairan dana pilkada, KPU bersumber dari APBD 2020. Anggaran ini dapat cair setelah pihak pemerintah daerah menerbitkan peraturan wali kota.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga menerbitkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pencairan NPHD untuk hibah pilkada. Termin pertama senilai Rp7,1 miliar dapat dicairkan setelah 14 hari NPHD ditandatangani.

"Termin kedua, sebesar 50 persen atau senilai Rp17,8 miliar sekitar bukan Mei dan termin terakhir pada tanggal 23 Agustus 2020 sekitar 10 persen atau Rp 1,7 miliar," imbuhnya.

Rangkain pelaksanaan persiapan Pilkada 2020, sudah ditetapkan ada 15 tahapan, diantarnya termasuk pencoblosan yang rencananya digelar pada tanggal 23 September 2020

Untuk tahapan pertama diawali dengan agenda penandatanganan NPHD oleh KPU Kota Surakarta dan pemkot setempat yang masuk perencanaan program dan anggaran pada awal Oktober.

Dilanjutkan penyusunan regulasi, sosialisasi, dan partisipasi masyarakat, kemudian pembentukan badan penyelenggaraan PPK/PPS/KPPS (ad hoc), pemutakhiran data pemilih, dan verifikasi pasangan calon perseorangan.

Setelah itu, pencalonan, kampanye, audit dana kampanye, pemungutan suara, rekapitulasi, dan penetapan pasangan calon, perselisihan hasil pemilu atau sengketa hukum.

Pengadaan barang dan distribusi logistik, evaluasi ,dan penyusunan laporan, serta pengelolaan keuangan dan operasional perkantoran. (Dit/Al)
Share this Article